Belajar bahasa yuk…

早上好

guten morgen

goedemorgen

おはよう

좋은 아침

Dari 1 ucapan dalam bahasa Indonesia “selamat pagi”, apabila diterjemahkan ke-5 bahasa negara lain, kurang lebih nya penulisannya seperti di atas.

Coba dari ke-5 bahasa di atas ada yang kita kuasai dengan baik?

Mungkin akan terdengar seperti mengejek, bahasa Indonesia saja kita belum menguasai dengan baik, apalagi ini hendak ditambah dengan bahasa milik negara lain, seperti orang dengan kepintaran lebih dari rata – rata saja kita ini.

Kalau menurut hemat saya, tidak ada salahnya belajar bahasa asing sedari usia sekolah. Dengan pertimbangan di usia sekolah anak-anak sedang di dalam masa perkembangan dan otak mereka masih dalam kondisi seperti spons yang menyerap begitu banyak informasi yang mereka dapatkan dari media apa pun. Lainhalnya dengan otak orang dewasa yang sudah penuh dengan banyak pikiran dan beban kerja serta tanggung jawab.

Pertimbangan yang lain, anak-anak sekarang akan menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat disaat mereka nanti mencapai usia kerja. Kelebihan menguasai bahasa asing di saat ini saja sudah termasuk dalam salah satu syarat di iklan – iklan loiwongan pekerjaan, apalagi nanti ke depan nya, saat anak-anak kita menjadi para pencari kerja.

Pertimbangan lain yang penting-penting tidak yaitu kalau kita mempunyai rezeki lebih untuk berlibur ke luar negeri (Amin)memang lebih enak jika kita menggunakan jasa agen travel supaya kita tidak sulit untuk berkomunikasi di negara asing yang kita tuju. Tetapi alangkah lebih enak nya kalau kita bisa berpergian sendiri(waktu penjelajahan akan lebih fleksibel bukan?)enak nya liburan bertambah apabila kita menguasai paling tidak level dasar percakapan bahasa asing untuk keperluan kita selama perjalanan.

Di Jakarta sendiri sudah banyak lembaga-lembaga untuk belajar bahasa asing, biasanya dari kedutaan besar negara-negara lain ada yang membuka pusat kebudayaan sekaligus tempat belajar bahasa. Contoh yang penulis ketahui adalah pusat kebudayaan Korea atau Korean Cultural Center di daerah SCBD Sudirman, King Sejong Institute Center di APL office tower(dekat dengan Central Park Mall), King Sejong Institute Jakarta di Universitas Nasional, ada disekitar kita bukan?

Selain dari tempat-tempat belajar di atas kita juga dapat belajar dari buku-buku yang bisa kita dapatkan di toko-toko buku terdekat.

Apabila sayang untuk mengeluarkan uang, jangan sedih dan putus asa belajar bahasa secara online pun sudah banyak.

Banyak cara bukan? yuk kita menambah bekal kita, supaya paling tidak nanti di CV(curricullum Vitae)kita ketika melamar pekerjaan adal nilai lebih di penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris dan Mandarin.

dari bagian : SMP Kristen Ketapang 1