GENERASI Z oleh Mr.Maratur

GENERASI Z

oleh Mr.Maratur
Kepsek SMP Kristen Ketapang III

Coba perhatikan lingkungan sekitar Anda dimanapun anda berada, sejauh mata memandang Anda pasti melihat orang-orang yang sedang asyik memainkan gadget nya. Bukan hanya anak muda dan anak kecil tapi para orang tua juga tak mau ketinggalan. itu bukanlah suatu hal yang tabu mengingat kita saat ini berada pada masa Generasi Z. dimana notabenenya anak-anak atau orang yang baru lahir sudah akrab dengan teknologi. Artinya teknologi sudah turut ambil bagian dalam hidup mereka sejak lahir. sebagai contoh , ketika seorang anak baru lahir, orang tua nya akan memoto dan meng-upload-nya ke media sosial, bahkan, tak sedikit orang tua yang sengaja membuat media sosial untuk anaknya.

 Menurut Teori Generasi, ada 5 teori yang dikenal hingga saat ini,yaitu, Generasi Baby Boomer, lahir 1946-1964,  Generasi X, lahir 1965-1980, Generasi Y, lahir 1981-1994. Generasi  Z, lahir 1995-2010, dan  Generasi Alpha, lahir 2011-2025. Generasi Z (disebut juga iGeneration,  Generasi Net, atau Generasi Internet) terlahir dari generasi X dan Generasi Y. nah, jadi Anda termasuk kedalam kelompok generasi yang mana? Dalam artikel ini saya akan membahas lebih dalam tentang Generasi Z itu sendiri, mengapa? karena pada dasarnya saya merupakan salah satu dari kelompok generasi Z itu sendiri.

Jadi apa saja karakteristik dari Gen Z itu?  Gen Z mempunyai karakteristik yang berbeda dari generasi sebelumnya, beberapa karakteristiknya adalah:

1. Gen Z adalah Generasi Digital yang mahir dengan teknologi informasi dan mengutak-atik komputer, mereka tak akan berpikir dua kali untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat .

 2. Gen Z adalah generasi yang Up to Date, mereka hampir jarang ketinggalan berita yang sedang terjadi di dalam maupun diluar negeri. mereka mengetahui berita itu dari mana saja, baik dari media sosial miliknya seperti, Facebook,Twitter,Instagram dan surat kabar online.

 3. Gen Z adalah generasi yang ekspresif dan kreatif, mereka tak ragu-ragu untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan secara spontan karena mereka meyakini itu dapat mengurangi beban pikirannya. bukan hanya bergalau ria, Gen Z juga memiliki segudang ide dan pikiraan kreatif karena di usia mereka yang belia, mereka sudah bisa menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

 4. Gen Z adalah seoarang multitasking, karena mereka bisa mengetik chat sambil mendengarkan musik dan mengobrol dengan temannya, membalas chat sambil menyetir dan mendengarkan musik

 Apasih kelebihan dan kekurangan dari Gen Z ? menurut kacamata saya, tapi ini bisa saja berbeda dengan pendapatan anda.

Kelebihan Gen Z adalah :
– Memiliki IQ yang tinggi
– Lebih kritis dan Ekspresif
– Lebih kreatif
– Open minded
– dan mereka sangat menikmati hidup, sedangkan

 Kekurangan Gen Z adalah :
– Mereka terkadang kurang sopan dengan yang lebih tua karena mereka merasa tak ada sekat yang membatasi– Mereka kurang banyak bersosialisasi di dunia nyata, karena mereka lebih banyak menggunakan waktu nya untuk berselancar di dunia maya
Dalam prakteknya setiap generasi memiliki kelebihan dan kekurangan, alangkah lebih baik jika kita mengambil setiap kebaikan yang dilakukan oleh generasi terdahulu hingga sekarang dan memperbaiki setiap kekurangan nya.

 

Sumber : (https://www.kompasiana.com/febinaangelia/5818ac041497733f283930dc/generasi-z)