Keunikan SKK

Seiring dengan pembekalan akademik, selama study di SKK, setiap murid akan mengalami pembekalan dalam pembentukan karakter mereka melalui program "Bina Diri" yang dirancang secara terintegrasi, mulai dari KB/TK hingga SMA/SMK

Mengenal Keke, Tata dan Pangpang

Anak belajar melalui model atau teladan, sehingga ketika SKK menggumuli untuk menjadikan pembentukan karakter sebagai salah satu dari visi Sekolah Kristen Ketapang, dipikirkanlah tokoh atau maskot yang dapat menemani anak-anak dalam belajar karakter di sekolah.

Awalnya dipikirkan untuk mengambil karakter binatang (semut) tetapi berdasarkan berbagai pertimbangan akhirnya lahirlah tokoh Keke, Tata dan Pangpang pada tahun 2003. Nama Keke, Tata dan Pangpang  diambil dari nama ‘Ketapang’ (sesuai dengan nama sekolah) untuk memudahkan anak-anak mengingat dan menyebutnya.

Pada bulan Juli 2003, untuk pertama kali nama ketiga tokoh itu muncul dalam buku Bina Diri, namun belum mempunyai bentuk (image) hingga Jessica (alumni SMAKK1 angkatan 1997) mewujudkannya dalam bentuk gambar mengikuti karakter yang unik dari setiap tokoh. Tokoh Keke misalnya, berjenis kelamin perempuan, berkaca mata, rajin, berprestasi di sekolah, setia, jujur, anak Tuhan yang memiliki banyak talenta. Tata berjenis kelamin pria, berambut keriting, berkulit gelap, tipikal anak laki-laki yang kreatif, cerdas, setia kawan namun usil, sombong dan pemarah. Dan Pangpang, anak perempuan, berkulit putih, pemalu, baik hati,suka menolong, sabar, tetapi kurang percaya diri. Karakter yang dimiliki oleh ketiga tokoh utama ini lah yang menjadi cerita atau bahan yang dikembangkan dalam mengajarkan setiap kualitas karakter yang diharapkan dimiliki siswa SKK seperti saling memperhatikan, jujur, sabar, taat, mampu bekerja sama, dsb. 



Ketiga tokoh ini secara berkesinambungan mengikuti perkembangan usia dan tingkat/kelas siswa, membawa cerita kehidupan mereka untuk dijadikan contoh yang baik maupun tidak dalam usaha Sekolah Kristen Ketapang membentuk karakter Kristiani pada setiap siswa yang dipercayakan Tuhan  untuk dilatih dan dididik. 

-Daesy H. Sanger-

No comments:

Post a Comment