Remaja Masa Kini Lebih Mudah Mengalami Gangguan Kecemasan (SMP SKK I)

Semakin berkembangnya zaman, ternyata menyebabkan seseorang lebih mudah mengembangkan gangguan kecemasan yang berujung depresi. Menurut sebuah survei, remaja generasi masa kini cenderung lebih banyak mengalami gangguan kecemasan daripada remaja di generasi sebelumnya. Kecemasan didefinisikan sebagai kekhawatiran yang berlebihan yang dapat menurunkan produktivitas seseorang dan juga sering menyebabkan efek samping fisik seperti serangan panik. Mencemaskan suatu hal memang wajar tetapi kecemasan yang berlebihan dapat berakibat buruk bagi mental seseorang.

Menurut sebuah studi, remaja zaman sekarang lebih banyak yang mengembangkan kecemasan dan stres daripada orang tuanya dulu saat berada pada usia yang sama. Hal ini disebabkan karena semakin berkembangnya zaman, akan lebih banyak masalah yang lebih kompleks. Orangtua harus memastikan bahwa anak-anaknya memiliki pergaulan yang baik dan tidak mengalami kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah. Rasa tertekan selama di sekolah dapat menyebabkan stres dan terbentuknya generasi tua dengan mental yang buruk kelak di kemudian hari.

Sementara itu, bukan hanya remaja dari keluarga yang berpenghasilan rendah saja yang lebih rentan mengalami gangguan kecemasan. Para ahli juga menemukan adanya peningkatan gangguan kecemasan pada remaja dari keluarga kaya.

(SUMBER : https://health.detik.com)