Tips agar anak bersemangat sekolah setelah libur panjang

Tips Agar Anak Bersemangat Sekolah Setelah Libur Panjang

Liburan memang menyenangkan, apalagi jika libur panjang yang begitu mengesankan. Namun bila liburan telah usai, semuanya harus kembali ke aktivitas dan rutinitas yang biasa dijalani. Terutama anak-anak, mereka harus kembali ke sekolah dan menjalani rutinitasnya seperti biasa. Akan tetapi, bagaimana bila si kecil masih bermalas-malasan pergi ke sekolah? Sulit bangun pagi dan sarapanpun sangat lambat. Maunya bangun siang, duduk di depan televisi sambil menyaksikan acara kartun kesukaannya. Dan di sekolahpun nampaknya ia menjadi kurang antusias mengikuti pelajaran.

Berikut tips agar anak bersemangat sekolah setelah libur panjang:

  1. Kembali Biasakan Tidur Pada Waktunya
    Jika selama libur panjang si kecil diperbolehkan untuk tidur lebih larut daripada waktu tidur normalnya. Ketika waktu masuk sekolahnya telah dekat, maka waktunya anda kembali memberlakukan tidur di waktu normal untuk si kecil. Waktu tidur yang cukup di malam hari akan membuatnya merasa lebih bugar di pagi hari yang membuat ia siap kembali menjalani rutinitas pagi termasuk sekolah.
  2. Kembali Biasakan Bangun Pagi
    Salah satu hal yang paling disukai anak ketika libur adalah kesempatan ia untuk bangun lebih siang daripada biasanya. Kebiasaan ini bisa saja terus berlangsung dalam waktu yang lama selama masa liburan. Namun jika anda terus membiarkan hal ini terjadi, maka si kecil akan kesulitan bangun pagi seperti biasa saat ia harus kembali bersekolah. Untuk itu, biasakan kembali mengatur waktu bangunnya di pagi hari satu minggu sebelum ia masuk sekolah agar ia lebih terbiasa.
  3. Biasakan Untuk Tetap Belajar
    Saat liburan panjang, mungkin sebagian besar anak memilih untuk bersenang-senang dan sejenak melupakan belajar yang selama ini telah menjadi rutinitas harian mereka. Anda dapat menyarankan mereka untuk tetap belajar, walaupun tidak sesering biasanya, misalkan cukup 3 kali dalam seminggu. Dengan membiasakan tetap belajar, maka anak tidak akan malas saat waktu sekolah tiba.
  4. Bicara Tentang Sekolah
    Jadikan sekolah topik yang selalu ada di pikiran anak dengan membicarakannya setiap hari selama liburan. Tanyakan teman mana yang ingin mereka ajak bermain ketika kembali ke sekolah dan mata pelajaran apa yang jadi favorit.
  5. Buat Target
    Seperti halnya resolusi di tahun baru, ajak anak untuk membuat beberapa target yang berhubungan dengan sekolah, seperti meningkatkan nilai matematika atau menambah satu teman baru tiap bulan.
  6. Ciptakan Perilaku Positif Tentang Kembali Ke Sekolah
    Bicaralah pada anak tentang kembali ke sekolah dan ketahui apa yang mereka harapkan. Coba cari tahu kecemasan yang mereka miliki tentang kembali ke sekolah. Beritahukan kalau mereka bisa berbicara pada guru bila cemas tentang apapun di sekolah.

(Disadur dari berbagai sumber)