WANT TO BE MYSELF…….!

Bagian: KB-TK SKK 1

Percakapan dan tanya jawab guru dan murid TK B membuat saya ingin membagikan tulisan ini. Guru bertanya dengan  tema profesi kepada seorang anak TK B jika besar mau jadi apa?Sambil menunjukkan  gambar  Apakah mau jadi Polisi? Atau menjadi Dokter ? atau Pilot ? Semua dijawab dengan kata tidak sambil menggelengkan kepala.

Kemudian guru mengambil gambar yang lain dan menanyakan kembali kepada anak tersebut dengan harapan salah satu gambar itu adalah keinginannya jika nanti sudah besar. Tetapi jawaban yang sama dari anak itu yang diterima oleh guru.Akhirnya gurupun  bertanya lagi  tanpa memperlihatkan gambar apapun. Anak TK B yang tadinya hanya menggelengkan kepala akhirnya menjawab kalau dia hanya ingin menjadi dirinya sendiri,

Sekelumit jawaban ini terdengar lucu dan mungkin tidak dipercaya jika keluar dari mulut anak TK . Tapi ini terjadi dihari itu.

Pemahaman Menjadi Diri Sendiri biasanya hanya sebatas tidak ikut ikutan orang lain atau  hidup apa adanya. Tapi jika membaca referensi buku menjadi diri sendiri itu sangat luas artinya bahkan itu bisa memotivasi kesuksesan dimasa depan walaupun kenyataannya itu bukanlah satu hal yang mudah untuk dijalani.

Menjadi diri sendiri itu artinya kita sadar bahwa apa  yang kita lakukan itu adalah tanggungjawab kita. Dan salah satu tanggungjawab itu  adalah memaksimalkan potensi yang ada pada diri sendiri sehingga pada akhirnya kita bisa menunjukkan keunikan diri kita  tanpa mengikuti orang lain. Sebagai orang Kristen kita di desain khusus oleh Allah tapi masih banyak orang Kristen yang merasa kurang nyaman dan tidak puas dengan dirinya sehingga mengakibatkan rasa minder bahkan bisa menuntut penghargaan atau pujian dari lingkungannya, Padahal di luar sana masih banyak orang lain yang ingin mengenal keaslian kita dengan desain yang Allah berikan ( potensi yang harus dikembangkan )

Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan kejadian seperti cerita di atas mungkin murid itu cukup puas dengan keberadaan dirinya saat ini sehingga dia tidak tertarik dan tidak punya gambaran dengan hal hal yang lain. Di dalam diri anak ini bahkan anak anak yang lain  ada banyak potensi yang bisa dikembangkan.Menjadikan mereka  menjadi dirinya sendiri dengan menggali apa yang sudah di desain oleh Allah itu adalah kewajiban kita sehingga kelak mereka bisa menjadi anak anak Tuhan yang bisa dibaca dengan jelas kemanapun dan dimanapun mereka berada.

“Jadilah dirimu sendiri, ekspresikan dirimu sendiri,yakinlah dirimu sendiri, jangan pergi dan mencari kepribadian sukses dan menduplikasinya  “ ( Bruce Lee )