Agar Saat Musim Hujan si Kecil Tak Gampang Sakit, Berikan 5 Makanan Ini

Agar Saat Musim Hujan si Kecil Tak Gampang Sakit, Berikan 5 Makanan Ini

Cuaca dingin bisa membuat sistem imunitas si kecil menurun. Flu pun lebih mudah menyerang. Biasanya flu akan disertai dengan batuk sehingga jika si kecil alami hal ini ia akan lebih rewel. Selain itu, flu juga bisa membuat nafsu makan menurun. Agar daya tahan tubuhnya tetap kuat dan terhindar dari flu, langsung saja sajikan beberapa makanan ini.

1. Sup

Sup menjadi makanan yang paling mudah dicerna dan tinggi akan nutrisi. Sup juga cocok dikonsumsi saat flu. Dalam proses pembuatannya, Anda bisa menggunakan ayam kampung dan buat kaldu yang bening. Jika si kecil flu, sebaiknya batasi penambahan garam, merica dan MSG.

Penelitian yang pernah dilakukan di University of Nebraska Medical Center Omaha menyebutkan bahwa sup ayam mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat mencegah demam dan pilek semakin parah.

Komposisi yang terkandung di dalam sup seperti ayam, kentang, wortel hingga seledri juga sangat baik untuk kesehatan anak. Sup ayam juga dipercaya dapat memberikan efek psikosomatis yang bisa memberi rasa nyaman saat tubuh kurang fit.

2. Buah yang mengandung vitamin C
Buah-buahan banyak yang mengandung vitamin C. Kandungan ini memiliki banyak manfaat kesehatan karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah yang tinggi akan vitamin C salah satunya adalah pepaya, jeruk, strawberry dan melon.

Ketika anak flu, Anda bisa memberikan buah-buahan dalam bentuk potongan atau jus. Tidak hanya mengandung ragam vitamin dan mineral, buah tersebut juga kaya akan antioksidan dan juga serat yang baik untuk pencernaan.

3. Bawang putih
Meskipun si kecil tak akan suka jika mengonsumsi bawang putih utuh. Namun Anda bisa memberikannya melalui campuran makanan. Bawang putih bersifat antibakteri yang dapat melawan gejala flu.

Bawang putih bisa dijadikan sebagai campuran sup untuk mengatasi gejala flu. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa bawang putih dapat melawan infeksi karena mengandung senyawa allicin.

4. Madu
Selain bawang putih, madu juga mengandung zat anti bakteri yang dapat mencegah beberapa penyakit dan tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika si kecil flu, Anda bisa memberikan minuman hangat plus madu. Selain itu, bisa juga memberikan segelas teh hangat dengan tambahan jahe dan madu untuk meredakan flu.

5. Konsumsi air putih
Saat si kecil flu yang perlu diperhatikan adalah konsumsi cairan yang cukup. Cairan yang cukup bisa menghindari anak dari dehidrasi. Jika flu diiringi dengan demam tentu dapat menyebabkan dehidrasi. Bibir kering serta intensitas buang air kecil bisa jadi tanda-tanda si kecil alami dehidrasi.
(Mr.Sam – SD SKK 1)