Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar, Lindungi Tubuh dari Penyakit

(Mr.Sam-SD SKK 1)

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar, Lindungi Tubuh dari Penyakit

Menjaga kesehatan adalah hal wajib yang dilakukan bagi setiap orang. Tubuh yang sehat adalah harta paling berharga dan mahal harganya. Istilah tersebut memang relevan mengingat tubuh yang sehat akan mendukung setiap aktivitas sehari-hari. Maka dari itu menjaga tubuh tetap sehat sangatlah penting.

Salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan adalah dengan mencuci tangan. Cara mencuci tangan yang baik dan benar adalah langkah awal untuk kamu bisa menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Budaya mencuci tangan harus diterapkan sejak dini agar terbiasa hingga dewasa.

Tak hanya membasuh tangan dengan air, menurut WHO sebagai Organisasi Kesehatan Dunia ada cara mencuci tangan yang baik dan benar. WHO telah lama menganjurkan agar masyarakat di seluruh dunia untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Tujuannya tentu saja untuk membunuh bakteri dan kuman yang berada di tangan agar tak memberikan dampak buruk bila masuk ke dalam tubuh.

Bahkan WHO menetapkan tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia pakai sabun yang telah dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Penetapan ini ditujukan sebagai salah satu cara menurunkan angka kematian balita serta mencegah penyebaran penyakit.

Bakteri dan kuman yang mudah menempel pada tangan dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan tubuh. Hal sederhana yang mampu membuat bakteri dan kuman menempel pada tangan seperti melalui sentuhan tangan lain, memegang gagang pintu, keran, peralatan dapur, peralatan WC dan lain-lain. Maka dari itu, mencuci tangan dianjurkan setiap kali memulai atau setelah melakukan aktivitas.

Jika kamu menganggap cara mencuci tangan yang baik dan benar hanya sekedar membasuh tangan dengan air dan sabun, maka kamu masih menerapkan cara yang salah. Lalu bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar itu?

Dilansir Liputan6.com, Selasa (26/2/2019) dari berbagai sumber, WHO selaku organisasi internasional dalam bidang kesehatan dunia mengatakan setidaknya ada 7 langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar.

1. Basahi kedua telapak tangan dengan air bersih yang mengalir hingga setinggi pertengahan lengan

2. Kemudian gunakan sabun untuk mengusap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut

3. Usap dan gosok pula punggung tangan secara bergantian

4. Tak lupa juga untuk mengusap bagian sela-sela jari tangan, membersihkan sela-sela jari dilakukan secara bergantian

5. Basuh juga sela-sela jari hingga bersih menggunakan sabun

6. Gosok dengan cara mengusap memutar pada kedua ibu jari secara bergantian

7. Letakkan jari tangan pada telapak tangan dengan cara mengatupnya, lalu gosok dengan perlahan lalu tak lupa gosok pergelangan tangan pula kemudian bilas hingga bersih.

Sumberhttps://www.liputan6.com/health/read/3904162/cara-mencuci-tangan-yang-baik-dan-benar-lindungi-tubuh-dari-penyakit