Cara Mudah Rawat Gigi Anak

Artikel: KB-TK SKK 3
Gigi susu perlu dijaga kesehatannya, karena gigi susulah yang akan membantu seorang anak dalam mengunyah, berbicara, tersenyum, dan tertawa, selama anak tersebut berusia kira-kira enam tahun. Lebih daripada itu, gigi susu memiliki peranan yang lebih penting, yaitu mempersiapkan tempat bagi gigi permanen untuk tumbuh.

Sejatinya, rahang seorang anak masih belum cukup untuk langsung menjadi tempat tumbuh 32 buah gigi tetap. Sehingga, inilah peran gigi susu, yaitu menciptakan ruang yang cukup bagi gigi tetap untuk tumbuh. Selain itu, gigi susu sebenarnya jadi acuan arah tumbuh gigi tetap, karena saat gigi tetap sudah siap untuk tumbuh, gigi permanen ini akan menggantikan gigi susu pada posisi gigi susu semula. Dengan begitu, gigi tetap akan tersusun dengan rapi dan teratur.

Merawat gigi bayi atau gigi susu, adalah salah satu cara untuk mempertahankan gigi susu tanggal tepat waktu, saat gigi tetap sudah siap untuk tumbuh.

Mengajarkan anak merawat kesehatan gigi harus dimulai sejak dini. 

Hal itu karena jika ia mengalami masalah pada gigi, pertumbuhannya bisa terhambat. Struktur gigi dewasanya kelak, juga bisa kurang baik.

Untuk itu, jangan abaikan kesehatan gigi anak. Berikut cara merawat gigi anak dari American Dental Association.

– Kunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan rutin. Sebaiknya periksakan sebelum gigi pertamanya tumbuh atau selambat-lambatnya pada ulang tahun pertamanya.

Periksakan gigi buah hati ke dokter gigi secara teratur, jangan hanya saat merasa sakit. Jika Anda hanya mengajaknya saat sakit gigi, ia bisa trauma ke dokter gigi hingga dewasa.

– Saat masih bayi bersihkan gusinya dengan kain lembut atau kain kassa setelah menyusui.

– Jangan biarkan bayi menyusu, terutama dari botol, terlalu lama karena tidak baik untuk pertumbuhan giginya. Hindari membiarkan botol atau dot menempel pada mulutnya selama tidur.

– Latih anak mulai minum dari gelas saat usia satu tahun.

– Ajari sikat gigi secara teratur bukan hanya sebelum tidur, tetapi juga setelah makan. Bentuklah kebiasaan ini, karena sangat berpengaruh pada kebiasaannya saat dewasa kelak.

– Saat gigi susu pertamanya sudah mulai goyang, jangan langsung mencabutnya dengan tangan. Periksakan ke dokter jika gigi yang goyang terasa sakit.

Sumber :

https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/parenting/tips-parenting/merawat-gigi-bayi/amp/


https://www.parenting.co.id/balita/cara+mudah+rawat+gigi+anak