Ini Batasan Berat Maksimal Ransel Sekolah yang Sebaiknya Dibawa Oleh Anak

pengirim: SD Kristen Ketapang 1 Jakarta

Ini Batasan Berat Maksimal Ransel Sekolah yang Sebaiknya Dibawa Oleh Anak

Besarnya beban seorang anak di sekolah pada saat ini membuat satu hal yang tampak menonjol bagi mereka adalah tas yang semakin berat. Jam sekolah yang semakin panjang serta banyaknya pelajaran yang dipelajari membuat ransel atau tas anak-anak kini jadi semakin berat.

Tas yang semakin berat ini pada akhirnya menimbulkan ancaman kesehatan dan kebugaran anak-anak. Dilansir dari The Health Site, diketahui berapa sebaiknya berat ransel anak sekolah.

Disebut bahwa anak sekolah yang menggunakan ransel sebaiknya tidak membawa tas yang beratnya lebih dari 10 persen bobot tubuh mereka. Pada jenis tas lain yang berupa troli, berat maksimal yang disarankan sebaiknya tidak melebihi 20 persen dari bobot tubuh anak.

Laporan ini sendiri telah dipublikasikan pada Journal of Applied Ergonomics. Temuan didapat usai meneliti sekitar 49 siswa sekolah dasar.

Analisis kinematik pada anak melingkupi postur tubuh dan kaki juga dilihat ketika mereka berjalan tanpa beban, ketika membawa ransel, serta saat membawa ransel yang dilengkapi troli dengan beban berbeda (10, 15, dan 20 persen dari bobot tubuh mereka).

Pada saat menganalisis, sistem perekam gerak tiga dimensi seperti yang dipakai pada film animasi dan video games digunakan. Selain itu, peneliti juga menggunakan teknik statistikal untuk menganalisis lengkung kinematik pada anak.

Dari temuan ini, diketahui bahwa ketika menggunakan ransel, beban terberat berada pada pinggang dan punggung. Perbedaan cukup kecil juga terjadi pada lutut dan bagian persendian lain.

Ketika anak-anak membawa tas dalam bentuk troli, beban yang mereka bawa hampir menyerupai ketika tidak membawa apapun. Bahkan pada beban yang cukup berat, menarik troli tidak menimbulkan dampak sebesar memanggul tas.

Dari penelitian ini juga diketahui bahwa berat yang direkomendasikan pada anak sekolah sebaiknya di bawah 10 persen bobot tubuh mereka. Sedangkan ketika anak membawa troli, mereka disarankan tidak membawa lebih berat dari 20 persen bobot tubuh mereka.

Sumber: https://www.merdeka.com/sehat/ini-batasan-berat-maksimal-ransel-sekolah-yang-sebaiknya-dibawa-oleh-anak.html