MPLS SD Kristen Ketapang 1 – Jakarta (15-17 Juli 2019)

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bertujuan agar para siswa baru lebih mengenal kehidupan lingkungan sekolah, dapat segera menyatu dengan warga sekolah, mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga sekolah, sehingga siswa lebih cepat beradaptasi dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah, serta mampu berperan aktif dan bertanggungjawab dalam kehidupan di sekolah. MPLS SD Kristen Ketapang 1 tahun ajaran 2019-2020 diadakan pada tanggal 15-17 Juli 2019.
 
MPLS hari pertama dibuka dengan memperdengarkan lagu Hari Pertama ke Sekolah, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Para siswa lalu turun ke aula untuk mengikuti kebaktian bersama. Setelah kebaktian, Kepala Sekolah membawakan materi tentang 7 S, dilanjutkan oleh Gembala Siswa yang mengajarkan tentang 10 K dan aturan sekolah. Saat istirahat, para siswa diajarkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan berdoa sebelum makan.
 
MPLS hari kedua dibuka dengan renungan dan doa bersama yang dipimpin oleh Gembala Siswa. Kemudian kegiatan diadakan di lapangan dengan bermacam permainan antara lain pesan berantai, membawa bola dengan sendok, dan mendengarkan cerita. Para siswa juga diajarkan konsep dasar baris-berbaris. Setelah istirahat, mereka diajarkan menyanyi lagu-lagu nasional di kelas.
 
MPLS hari ketiga kembali dibuka dengan renungan dan doa bersama yang dipimpin oleh Gembala Siswa. Kemudian, para siswa mengikuti lomba mewarnai di kelas masing-masing. Setelah istirahat dan pembagian hadiah, para siswa diajak berkeliling fasilitas yang ada di sekolah.