SMP Kristen Ketapang I – Cara Belajar yang Baik – by Phoebe Ivana Siswi SMP Kelas 9

Cara Belajar yang Baik

Sebagai seorang murid, sudah pasti menjadi kewajiban bagi kita untuk belajar.Namun, yang menjadi pertanyaannya adalah, bagaimana sih cara belajar yang baik? Karena, asal-asalan belajar juga tidak akan membuahkan hasil loh. Jadi, penting bagi kita, terutama para pelajar untuk mengetahui tips tentang belajar ini. Berikut penjelasannya :

  1. Fokus

Mengapa fokus merupakan hal yang penting dalam kegiatan belajar ? Karena saat kita fokus melakukan sesuatu, otomatis perhatian kita tidak akan teralih kepada hal yang lain. Maka sudah pasti kita dapat melakukan kegiatan tersebut dengan maksimal.Tak hanya itu, kita juga mampu menuangkan segala kreativitas yang kita miliki untuk memperoleh hasil yang maksimal.

  1. Temukan Gaya Belajarmu

Nah, setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Contoh nih… Budi sangat senang dan mampu untuk belajar sambil mendengarkan lagu,sedangkan Toto tidak bisa belajar sambil mendengarkan lagu dikarenakan berisik. Nah, maka dari itu, kalian harus belajar untuk mengenal diri kalian. Kalian cocok dengan gaya yang  mana sih agar kalian nyaman melakukannya dan juga dapat memperoleh sebuah hasil yang didambakan ? Tanyakan pada diri kalian ya.

  1. Nikmati Sebuah Proses

Ini adalah kunci dari segalanya. Jangan jadikan kegiatan belajar sebagai suatu beban. Cobalah belajar untuk menikmati alur dari “kegiatan belajar”.Nikmatilah setiap prosesnya dan cobalah untuk menganggap bahwa belajar adalah sahabat kita, para pelajar, karena belajar itu penting loh ! Jangan sampai kita jadikan belajar sebagai musuhya.

Nah, jadi itulah beberapa tips yang bisa kami berikan kepada teman-teman semua. Semoga bermanfaat ya, sukses selalu dan tetaplah giat dalam belajar.

(Phoebe Ivana, Siswi Kelas 9.2 SMP Kristen Ketapang I)
Tahun ajaran 2018-2019