Tips cara mencatat yang baik untuk siswa-siswi tingkat SMP

Pelajari cara mencatat yang baik. Entah Anda terbiasa mencatat atau tidak saat masih bersekolah di SD, mencatat pelajaran di SMP akan menjadi pengalaman baru bagi Anda. Mencatat dengan baik bukan berarti menulis setiap kata yang guru Anda ucapkan. Lakukan beberapa cara berikut agar bisa mencatat dengan baik:

  • Jagalah agar catatan Anda selalu rapi dengan menulis tanggal saat mulai mencatat. Gunakan halaman baru, jika diperlukan. Selain menulis tanggal, tulis juga topik yang akan dibahas.
  • Perhatikan baik-baik apakah ada petunjuk melalui nada suara guru Anda saat ia berbicara sebab hal-hal yang penting biasanya diucapkan dengan penekanan tertentu.
  • Jangan khawatir saat harus mencatat kalimat secara lengkap. Ciptakan huruf steno dan kode untuk diri sendiri. Ingatlah bahwa catatan ini bukan untuk dibaca orang lain kecuali Anda sendiri. Buatlah lingkaran kecil setiap kali guru Anda mengatakan “mitosis”. Tidak apa-apa selama Anda bisa mengerti artinya.
  • Baca lagi catatan Anda setiap hari saat mengerjakan PR dan sempatkan menyalin agar lebih rapi dan lengkap. Selain itu, Anda juga lebih mudah menghafalkan pelajaran.

sumber: https://id.wikihow.com