Tips dalam PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT

PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT
Selasa 14 Mei 2019,
siswa-siswa KB-TK KRISTEN KETAPANG III, mendapatkan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang disampaikan oleh drg. Elizabeth Irene Tjahjadi .
Ibu Dokter mengawali penyuluhannya dengan menjelaskan jumlah gigi mulai tumbuh dari bayi berusia 6 bulan – 2 tahun yang disebut gigi susu dengan jumlah gigi 20 gigi.
Gigi tetap atau gigi dewasa jumlahnya 32, setelah gigi dewasa inilah anak-anak harus lebih rajin dalam merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut .
Macam-macam bentuk gigi ada gigi seri yang gunanya untuk menggigit, gigi taring untuk merobek makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan .
Seringnya makan makanan yang manis-manis, makan permen, kue-kue dan tidak menjaga kebersihan dan kesehatan gigi akan mengakibatkan gigi berlubang.
Gigi yang berlubang :
1. Bila tidak dirawat lubang gigi akan semakin besar
2. Gigi akan lepas sebelum waktunya sehingga sulit mengunyah
3. Rasa nyeri pada gigi
4. Bau Mulut
5. Mengakibatkan gusi bengkak dan bernanah
Dokter juga memberikan tips bagaimana cara menggosok gigi dengan baik dan benar, mulai dari depan cara menyikat dari arah gusi ke gigi naik turun, dan bagian dalam semua disikat dengan rata dan menyeluruh .
Yang terakhir ibu dokter gigi memberikan 3 pesan untuk anak-anak agar gigi terjaga kebersihan dan kesehatan gigi sebagai berikut :
1. Sikat gigi 2X sehari , sesudah sarapan pagi dan malam sebelum tidur
2. Makan makanan yang sehat .
3. Pergi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali
Sebagai evaluasi, ibu Dokter memberikan pertanyaan seputar penjelasan kesehatan gigi dan mulut, dan anak-anak berebut ingin menjawab. Dan tambah bersemangat yang bisa menjawab ada hadiah dari ibu dokter.
Dan sebagai penutup ibu Dokter mengajak anak-anak bernyanyi bersama bagaimana menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.