Artikel Hasil Karya Siswa SMPK Ketapang Jakarta “Indonesia Mengejar Ketertinggalan”

 

 

 

Artikel Hasil Karya Siswa:
Nama : Ryensella Agustine
Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta / 11 Agustus 2005
Status : Pelajar SMP K Ketapang Jakarta
Sosial Media : @Ryensella08

 

Indonesia Mengejar Ketertinggalan

Teman-teman tahu tidak? 50 tahun yang lalu, negara-negara di Asia seperti China, Korea Selatan, dan Singapura sangat miskin, bahkan lebih miskin dari Indonesia. Tapi, mereka terus melesat hingga menjadi negara maju dan meninggalkan Indonesia yang sampai sekarang masih menjadi negara berkembang. Wah, kok bisa ya Indonesia tertinggal? Di bawah ini kita akan membahas penyebab ketertinggalan Indonesia dari negara lain.

Penyebab yang pertama, ketidak unggulan SDM Indonesia. Pendidikan di Indonesia, masih kalah dengan pendidikan dari negara lain. Masih terdapat banyak hambatan bagi pendidikan di Indonesia, seperti efektifitas dalam belajar, standarisasi pengajaran, rendahnya sarana prasarana, rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan. Tentu dukungan dari pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah tersebut sangat dibutuhkan. Misalnya pemerintah dapat membantu anak-anak yang belum bisa bersekolah akibat kurangnya fasilitas yang ada, khususnya di daerah pedalaman. Tidak hanya pemeritah, dukungan dari masayarakat juga tidak kalah penting dalam hal ini. Pola pikir yang ditanam oleh orang-orang Indonesia menentukan kemana negara kita akan melangkah. Tapi ironisnya, banyak masyarakat Indonesia yang belum menyadari hal tersebut. Masih ada orang-orang yang hidup dengan bersantai-santai dan tidak memikirkan perkembangan negaranya sendiri.

Yang kedua adalah pengolahan SDA Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki banyak sekali SDA negara yang seharusnya bisa membantu kemajuan negara. Tapi, kenapa dengan potensi yang besar ini Indonesia masih juga tertinggal? Salah satunya karena SDA yang ada tidak dikelola dengan baik. Masyarakat kebanyakan tidak memanfatkan SDA tersebut dengan maksimal. Contohnya, setelah menebang pohon, biasanya kayu-kayu tersebut langsung diimpor ke negara lain. Padahal, seharusnya kayu tersebut dapat diolah terlebih dahulu dengan meningkatkan daya gunanya sehingga nilai jualnya pun menjadi lebih tinggi. Hal tersebut akan lebih membantu meningkatkan perkembangan ekonomi negara.

Yang ketiga adalah kebijakan pemerintah Indonesia. Masih terdapat kebijakan-kebijakan yang keliru di Indonesia. Yang artinya dapat menghambat perkembangan negara. Aset yang dimiliki negara kita, lebih banyak yang dsimpan di luar negeri. Seperti para pejabat negara banyak yang menyimpan hartanya di luar negeri. Padahal jika dihitung seluruhnya, Indonesia bahkan bisa lebih kaya dari Malaysia. Pemerintah juga bisa saja keliru dalam menetapkan undang-undang yang mengatur kegiatan ekonomi seperti ekspor-impor, penggunaan devisa, maupun undang-undang pajak. Maka diperlukan banyak evaluasi kembali oleh pemerintah untuk kebijakan-kebijakan yang mungkin menjadi salah satu penyebab Indonesia tidak bisa maju. Contoh lainnya adalah seandainya kita tidak boros subsidi BBM, untuk 10 tahun bunganya bisa mencapai 2.000 triliun. Dengan dana sebesar itu, kita sudah bisa membangun infrastruktur 10 tahun dari sekarang.

 

Nah, teman-teman, di atas sudah ada beberapa penyebab Indonesia tertinggal. Indonesia memang telah tertinggal dari negara-negara lain. Oleh karena itu, Indonesia tidak boleh tinggal diam. Pemerintah kita telah membuat perubahan-perubahan positif untuk kemajuan negara kita belakangan ini. Berikut adalah beberapa upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam memajukan perkembangan negara.

Selama beberapa tahun terakhir, Indonesia telah berupaya mengejar ketertinggalannya dengan salah satunya membangun infrastruktut seperti jembatan, tol laut, dan transportasi publik. Infrastruktur seperti menjadi penting untuk mempermudah distribusi terhadap barang-barang hasil produksi dan berbagai bantuan pemerintah, sehingga dapat memberikan pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia. Pemerataan ekonomi ini akan menurunkan ketimpangan sosial yang nantinya akan membantu Indonesia dalam proses perkembangannya.

Selain perkembangan infrastruktur, pemerintah juga berupaya dalam perkembangan bidang pendidikan. Misalnya dengan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, mendukung siswa berprestasi untuk melanjutkan di tingkat yang lebih tinggi, meningkatkan kreatifitas anak bangsa, membeasiswai anak bangsa ke negara lain untuk mempelajari teknologi negara tersebut. Semua yang dipelajari di sana, digunakan tak lain dan tak bukan adalah untuk perkembangan negara Indonesia. Jika pelajar diberikan beasiswa untuk belajar di negara lain, mereka akan mendapat ilmu yang belum bisa didapat di Indonesia, lalu setelah kembali dengan ilmu yang didapat, mereka bisa memakainya untuk membuat pembangunan bagi Indonesia.

Tentu untuk mencapai negara yang maju, dibutuhkan SDM yang berkualitas. Lalu apa yang dilakukan pemerintah dalam hal ini? Salah satu yang telah dilakukan adalah memberi pelatihan khusus untuk meningkatkan SDM kita.  Misalnya dengan mengirim orang-orang yang memiliki bakat atau potensi di bidang teknologi ke negara dengan teknologi yang telah maju. Mereka dikirim ke sana untuk dilatih dan diajari hal-hal yang tidak ada adi Indonesia. Setelah itu, mereka akan dipulangkan dan mulai bekerja untuk membangun Indonesia dengan menggunakan ilmu yang sudah didapat.